contoh PKMP

Posted: September 8, 2009 in Uncategorized

BAB I

PENDHULUAN

Latar Belakang

Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat disembuuhkan sepanjang hayat penderita. Diabetes mellitus merupakan penyakit kelebihan kadar glukosa darah pada penderitanya.Penyakit ini hanya dapat dikontrol untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit lainnya, yang di control adalah kadar glukosanya. Selain tidak dapat disembuhkan, penyakit ini tergolong relative mahal dalam pengobatannya. Untuk itu diperlukan suatu alternative pengobatan yang dapat digunakan untuk menekan biaya pengobatannya.

Kandungan kimia mahoni ada dua macam, masing-masing saponin dan flavonoida yang sangat baik untuk mengobati tekanan darah tinggi, kencing manis, rematik, deman, masuk angin dan menambah nafsu makan. Kandungan flavonoida pada mahoni berguna untuk melancarkan peredaran darah, terutama untuk mencegahnya tersumbatnya saluran darah, mengurangi tingkat kolesterol, mengurangi penimbunan lemak pada dinding saluran darah, membantu mengurangi rasa sakit, pendarahan dan lebam, bertindak sebagai anti oksidan dan berfungs imenyingkirkan radika lbebas. (http://www.kphjember.com)

Flavonoid adalah suatu zat yang terbukti dapat digunakan untuk mrnurunkan kadar glukosa dalam darah. Zat flavonoid ini salah satunya terdapat pada buah mahoni. Selama ini buah mahoni kurang begitu dimanfaatkan sehingga kurang banyak orang yang mengetahui manfaatnya sebagai obat. Sebuah penelitian terhadap biji mahoni dalam menurunkan glukosa darah pada hewan percobaan yang pernah dilakukan Laurentia Mihardja, seorang peneliti pada Center For Research and Development of Disease Control, NIHRD. Pada ekstrak mahoni dosis 45 mg/160 g bb setelah 7 hari menunjukkan hasil berbeda signifikan dibanding pelarut serta tidak berbeda dengan glikazide 7,2 mg/200 g bb. Disimpulkan, mahoni dapat menurunkan glukosa darah pada hewan percobaan.( http://www.kphjember.com) Sehingga buah mahoni dapat manjadi alternative penurun kadar gula darah pada penderita diabetes.

Perumusan Masalah

1. Pengobatan penyakit diabetes mellitus yang relative mahal.

2. Diperlukan pengobatan alternative penyakit diabetes mellitus.

3. Buah mahoni yang kurang dimanfaatkan secara optimal terutam dalam bidang kesehatan.

Gagasan Kreatif

Buah mahoni selama ini kurang dimanfaatkan, padahal dibalik rasa pahit isi buah tersebut mengandung banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Salah satunya adalah untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah. Dalam buah ini mengandung flavonoida yang telah terbukti dapat meurunkan kadar glukosa dalam darah. Sehingga dengan gagasan ini buah mahoni akan memiliki daya tarik yang lebih tinggi pada masyarakat, terutama pada penderita diabetes mellitus, sebagai alternative pegobatan.

Tujuan dan manfaat

Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan ini adalah untuk memberikan suatu alternative pengobatan baru bagi penderita diabetes mellitus dalam mengontrol kadar glukosa darahnya agar tidak terjadi kompliksi. Pengobatan alternative yang ditawarkan dengan memanfaatkan lingkungan disekitar yang sebelumnya kurang optimal pemanfaatannya. Sehingga penyakit yang pengobatannya relative mahal tersbut dapat lebih diminimalkan biayanya.

Dengan adanya gagasan ini selain untuk menemukan pengobatan alternative, juga untuk memudahkan masyaraat dalam pengobatan diabetes mellitus yang memerlukan biaya relative lebih murah.

BAB II

TELAAH PUSTAKA

Diabetes mellitus

Diabetes melitus adalah salah satu penyakit degenerasi yang sering terjadi di masyarakat. Diabetes melitus merupakan penyakit hiperglikemia yang ditandai dengan ketiadaan absolut insulin atau insensitivitas sel terhadap insulin. Diabetes merupakan salah satu penyakit degeneratif dan sampai saat ini penyakit tersebut belum didapatkan obat definitifnya. Diabetes menurut tipenya dibagi tiga yaitu tipe I dan tipe II serta tipe lain.

Buah mahoni

Kandungan kimia mahoni ada dua macam, masing-masing saponin dan flavonoida yang sangat baik untuk mengobati tekanan darah tinggi, kencing manis, rematik, deman, masuk angin dan menambah nafsu makan.
Penemuan buah mahoni sebagai vitamin dan obat-obatan pertama kali oleh Doktor Larry Brookes, ahli biokimia pada tahun 1990-an. Lalu buah mahoni yang mengandung flavonoida dan saponin dibuat dalam bentuk ekstrak.

Kandungan flavonoida pada mahoni berguna untuk melancarkan peredaran darah, terutama untuk mencegahnya tersumbatnya saluran darah, mengurangi tingkat kolesterol, mengurangi penimbunan lemak pada dinding saluran darah, membantu mengurangi rasa sakit, pendarahan dan lebam, bertindak sebagai anti oksidan dan berfungsi menyingkirkan radikal bebas.
Sedangkan saponin berguna mencegah penyakit sampar, mengurangi lemak badan, meningkatkan sistem kekebalan, mencegah pembekuan darah dan tingkat gula dalam darah, serta menguatkan fungsi hati dan memperlambat proses pembekuan darah.

Khasiat dari biji mahoni yaitu untuk mengatasi tekanan darah tinggi, kencing manis/diabetes mellitus, kurang nafsu makan, rematik, demam, masuk angin, dan eksim. Cara mengolah biasanya biji tersebut dihaluskan menjadi bubuk lalu diseduh dengan air panas. Sedangkan dosisnya disesuaikan dengan jenis penyakitnya dan umur penderita.
Tanaman yang mempunyai kemampuan sebagai astringen, dapat mempresipitasikan protein selaput lendir usus dan membentuk suatu lapisan yang melindungi usus, sehingga menghambat asupan glukosa dan laju peningkatan glukosa darah tidak terlalu tinggi.
Sebuah penelitian terhadap biji mahoni dalam menurunkan glukosa darah pada hewan percobaan yang pernah dilakukan Laurentia Mihardja, seorang peneliti pada Center For Research and Development of Disease Control, NIHRD. Pada ekstrak mahoni dosis 45 mg/160 g bb setelah 7 hari menunjukkan hasil berbeda signifikan dibanding pelarut serta tidak berbeda dengan glikazide 7,2 mg/200 g bb.Disimpulkan, mahoni dapat menurunkan glukosa darah pada hewan percobaan.

BAB III

METODE PENULISAN

Metode penulisan yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif dengan telaah pustaka, karena data yang dikumpulkan berupa kata, gambar dan bukan angka.

BAB IV

ANALISIS DAN SINTESIS

Analisis

Pengobatan pada penderita diabetes mellitus yang relative mahal menjadi salah satu permasalahan yang membutuhkan alternative lain dalam pengobatannya. Hal ini diakarenakan penderita penyakit diabetes mellitus tidak hanya dari golongan menengah keatas saja, tetapi juga kelompok masyarakat menengah kebawah. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut diperlukan alternative yag dapat menekan biaya pengobatan.

Sintesis

Alternative yang ditawarkan adalah dengan memanfaatkan tanaman yang ada di sekitar kita yaitu buah mahoni. Buah mahoni yang selama ini hanya dimanfaatkan batangnya saja dan untuk buahnyakurang optimal pemanfaatannya. Selain itu didalam buahmahoni terdapat kandungan flavonoid yang dapat menurunkan kadar glukosa darah. Sebuah penelitian terhadap biji mahoni dalam menurunkan glukosa darah pada hewan percobaan yang pernah dilakukan Laurentia Mihardja, seorang peneliti pada Center For Research and Development of Disease Control, NIHRD. Pada ekstrak mahoni dosis 45 mg/160 g bb setelah 7 hari menunjukkan hasil berbeda signifikan dibanding pelarut serta tidak berbeda dengan glikazide 7,2 mg/200 g bb.

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Dari data yag diperoleh ternyata buah mahoni dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Sehingga buah mahoni dapat digunakan sebagai alternative penurun kadar glukosa darah pada penderita diabetes mellitus.

Saran

Dari gagasan tertulis ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumbangan pemikiran dalam dunia kesehatan. Agar dilakukan penelitian lebih lanjut sehingga pada akkhirnya dihasilkan produk yang memudahkan masyarakat untuk mengkonsumsi.

BAB VI

DAFTAR PUSTAKA

http://www.kphjember.com akses 20 juni 2009

http://medicine.uii.ac.id akses 20 juni 2009

Majalah farmasi Indonesia 17(3), 130 – 135, 2006. Analisis biaya terapi Diabetes mellitus di Rumah Sakit Dr. Sardjito Yogyakarta

Komentar
  1. ali mengatakan:

    menarik sekali,
    mungkin saya bisa belajar banyak dari PKM anda,
    kalau tidak keberatan tolong berikan alamat email anda??

    saya mahasiswa UNESA angkatan 2005
    kalau anda tidak keberatan tolong balas di email saya

    thanks………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s