CONTOH PKMM GO PIMNAS 2009

Posted: Oktober 1, 2010 in public

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Pelatihan Renang Pertolongan dan Evakuasi Korban Banjir pada Karangtaruna di Desa Banjarsari, Bojonegoro

BIDANG KEGIATAN

PKM-M

Diusulkan oleh:

Muchamad Arif Al Ardha               086464241           2008

Henny Melita Permatasari              086474024           2008

Wahyu Surahman                           086464076           2008

Fathul Bari                                                086464062           2008

Ni Made Gitalia                              066474080                   2006

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

SURABAYA

2009


  1. Judul Kegiatan      :  Pelatihan Renang Pertolongan dan Evakuasi

Korban Banjir pada Karangtaruna di Desa Banjarsari Kabupaten Bojonegoro

  1. Bidang Kegiatan   :   (     ) PKM-P                       (     ) PKM-K

(     ) PKM-T                       ( V ) PKM-M

  1. Bidang Ilmu          :   (     ) Kesehatan                   (     ) Pertanian

(     ) MIPA                         (     ) Teknologi dan Rekayasa

( V ) Sosial Ekonomi           (     ) Humaniora

(     ) Pendidikan

  1. Ketua Pelaksana Kegiatan
    1. Nama Lengkap            : Muchamad Arif Al Ardha
    2. NIM                            : 086464241
    3. Jurusan                        : Pendidikan Olahraga
    4. Universitas                  : UNESA
    5. Alamat Rumah            : Desa Kresikan, Kec. Tanggunggunung,

Kab. Tulungagung, Jawa Timur

0857 3508 7890 / 0852 3547 7717

    1. Alamat email               : muchamadarifalardha@yahoo.com

  1. Anggota Pelaksanaan Kegiatan    :  4 Orang

  1. Dosen Pendamping
    1. Nama                           : Made Pramono, S.S, M.Hum
    2. NIP                             : 132 232 165
    3. Alamat Rumah            : Perum TAS 3 Blok N6-No.46 Tulangan

Sidoarjo

  1. Biaya Kegiatan Total                    :
    1. Dikti                            : Rp. 9.917.500,-

  1. Jangka Waktu Pelaksanaan           : 6 Bulan

Menyetujui,                                                     Surabaya,  7 September 2009

Ketua Jurusan                                                             Ketua Pelaksana

(Dr. Ali Maksum)                                            (Muchamad Arif Al Ardha)

NIP. 19690514 199403 1 002                                    NIM. 086464241

Pembantu Rektor III                                       Dosen Pendamping

(Prof. Dr. I Nyoman Adika, MS.)                  (Made Pramono, S.S, M.Hum.)

NIP. 19650323 199202 1 001                                    NIP. 19741205 199903 1 001

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan program kreativitas mahasiswa yang berjudul “ Pelatihan Renang Pertolongan dan Evakuasi Korban Banjir pada Karangtaruna di Desa Banjarsari, Bojonegoro ”

Keberhasilan penulisan ini tentu tidak lepas dari bantuan berbagai pihak.  Oleh karena itu penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada:

  1. Bapak Prof. Dr. Haris Supratno selaku Rektor Universitas Negeri Surabaya.
  2. Bapak Drs. Abdul Rachman Syam T., M.Pd. selaku Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan  Universitas Negeri Surabaya.
  3. Bapak Drs. Imam Marsudi, M.Si. selaku pembantu dekan III Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya
  4. Bapak Dr. Ali Maksum selaku Ketua Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya.
  5. Bapak Made Pramono, S.S, M.Hum selaku dosen pembimbing penulisan karya tulis, sampai penulisan karya tulis ini dapat diselesaikan..

Penulisan program kreativitas mahasiswa ini masih jauh dari sempurna.  Oleh karena itu, penulis mohon saran dan kritik yang bersifat membangun dari para pembaca demi kebaikan program kreativitas mahasiswa ini untuk selanjutnya.

Akhir kata, penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi rekan – rekan mahasiswa pada khususnya dan para pembaca pada umumnya.

Surabaya,   7 September 2009

Penulis

DAFTAR ISI

Hala

  1. A. JUDUL PROGRAM

Pelatihan Renang Pertolongan dan Evakuasi Korban Banjir pada Karangtaruna di Desa Banjarsari Kabupaten Bojonegro.

  1. B. LATAR BELAKANG MASALAH

Banjir memang menjadi masalah klasik di Indonesia, bahkan sudah menjadi langganan setiap kali musim penghujan tiba. Sehingga tidak jarang banjir tahunan tersebut bisa menyebabkan kerugian yang sangat besar, baik materiil ataupun non-materiil. Dari segi materiil misalnya, banyak rumah warga yang rusak parah akibat banjir, sawah warga juga gagal panen akibat terendam banjir dan masih banyak contoh kerugian materiil lainya yang terjadi akibat banjir.

Untuk kerugian non-materiil yang ditimbulkan pun juga tidak kalah parahnya dengan kerugian materiil akibat bencana banjir tersebut, misalkan saja korban jiwa yang meninggal akibat terseret arus air banjir, trauma yang membekas pada individu-individu yang kehilangan sanak saudaranya, serta tekanan batin yang menghantui kenyamanan masyarakat tentang ancaman bencana banjir juga akan semakin berat. Berdasarkan data yang penulis dapatkan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada tahun 2008 tercatat bahwa bencana banjir menduduki peingkat pertama untuk bencana yang paling sering terjadi dan dengan korban meninggal terbanyak di Indonesia. Seperti halnya bisa kita lihat pada grafik berikut ini:

Gambar 1

Grafik bencana di Indonesia pada 2008

Gambar 2

Jumlah Korban meninggal akibat bencana pada 2008

Banjir tidak hanya terjadi di kota-kota besar yang identik dengan padatnya pemukiman penduduk dan buruknya system penataan saluran air saja, tetapi bencana ini juga terjadi hampir diseluruh daerah di Indonesia. Seperti halnya Jawa Timur, Provinsi ini juga merupakan salah satu daerah yang menjadi langganan banjir setiap musim penghujan, khususnya Kabupaten Bojonegoro yang letaknya dekat dengan bengawan solo dan wilayahnya berada didataran rendah. Maka daerah ini selalu menjadi langganan banjir tahunan. Sehingga kerugian materiil ataupun non-materiil yang ditimbulkan juga sangat besar. Pada tahun 2009 saja BNPB sudah mercatat sebanyak 7 orang korban meninngal dunia dan banyak sarana prasarana yang rusak parah akibat bencana tahunan ini.

Gambar 3

Daerah potensi banjir dan jumlah korban akibat banjir

Namun pemerintah juga tidak akan tinggal diam begitu saja melihat rakyatnya mengalami penderitaan seperti ini, hingga saat ini pemerintah masih berusaha memberikan solusi yang efektif untuk problematika yang satu ini. Mulai dari perbaikan aliran sungai, pembuatan resapan air banjir dan bahkan reboisasi sudah diupayakan pemerintah untuk mengatasi masalah ini. tetapi kami sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Unesa juga turut tergugah atas musibah yang dialami saudara-saudara kita yang menjadi korban banjir, kami merasa terpanggil untuk membagikan ilmu yang sudah kami dapatkan dari mata kuliah renang mengenai Renang Pertolongan dan Evakuasi. Karena ketrampilan ini akan sangat bermanfaat untuk saudara-saudara kita yang tinggal didaerah rawan banjir.

Seperti halnya di Desa Banjarsari, daerah ini adalah salah satu daerah di Kabupaten Bojonegoro yang menjadi langganan banjir tahunan dan dengan korban jiwa yang relative banyak, Maka dari itu kami sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Unesa merasa tergugah untuk turut membantu meminimalisasi dampak musibah banjir tahunan yang terjadi di Desa Banjarsari Kabupaten Bojonegoro dengan cara memberikan pelatihan Renang Pertolongan dan Evakuasi kepada pemuda karangtaruna di Desa Banjarsari, Bojonegoro. Kegiatan ini kami susun agar masyarakat di Desa Banjarsari, Bojonegoro tidak lagi khawatir akan dampak yang ditimbulkan akibat banjir tahunan yang melanda desa mereka, karena mereka sudah dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan mengenai upaya-upaya penyelamatan dan evakuasi korban banjir secara benar dan efektif.

  1. C. PERUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas maka permasalahan yang dikaji dalam karya ilmiah ini adalah:

  1. Bagaimana cara meminimalisasi kerugian yang ditimbulkan akibat banjir tahunan yang sering melanda desa Banjarsari, Bojonegoro?
  2. Bagaimana potensi karangtaruna dalam pelatihan renang pertolongan dan evakuasi korban banjir?
  3. 3. Teknik atau metode apa yang tepat digunakan dalam pelatihan renang pertolongan dan evakuasi korban banjir di desa Banjarsari?
  1. D. TUJUAN PROGRAM

Tujuan dari program ini adalah:

  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau warga belajar KF di Kelurahan Balas Klumprik Kecamatan Wiyung, Surabaya melalui keterampilan dan pendidikan keaksaraan.
  2. Memberdayakan perempuan warga belajar KF di Kelurahan Balas Klumprik Kecamatan Wiyung, Surabaya dengan adanya kesetaraan gender agar mampu mandiri tanpa harus mengandalkan bantuan orang lain.
  1. E. LUARAN YANG DIHARAPKAN

Dengan diadakannya program kegiatan ini, akan muncul sosok-sosok individu dengan ketramilan berenang, khususnya renang Pertolongan dan renang Evakuasi korban banjir yang terjadi di desa Banbjarsari Bojonegoro.

  1. F. KEGUNAAN PROGRAM

Kegunaan yang diharapkan dari program ini adalah:

  1. Memberikan wawasan dan ketrampilan untuk masyarakat Banjarsari khususnya kepada pemuda karangtarunanya dalam hal renang pertolongan dan evakuasi korban banjir.
  2. Membantu memberikan solusi kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tentang bencana banjir tahunan yang melanda Desa Banjarsari, dengan cara memberikan wawasan serta ketrampilan renang pertolongan dan evakuasi korban banjir kepada pemuda karangtaruna Desa Banjarsari guna meminimalisasi kerugian yang ditimbulkan akibat banjir tahunan yang melanda desa Banjarsari.
  1. G. GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN

Kabupaten Bojonegoro memiliki luas 230.706 Ha, dengan jumlah penduduk sebesar 1.176.386 jiwa merupakan bagian dari wilayah propinsi Jawa Timur dengan jarak ± 110 Km dari ibukota Propinsi Jawa Timur (di dalam lingkaran merah). Target dari pelatihan ini adalah pemuda karangtaruna di Desa Banjarsari yang berjumlah 20 orang dan dilaksanakan di tiga tempat, yaitu pada pertemuan pertama kami akan mensosialisasikan mengenai renang pertolongan dan evakuasi kepada kelompok karangtaruna di desa Banjarsari, lalu berikutnya pembelajaran dasar-dasar renang pertolongan dan evakuasi yang meliputi cara mengapung, meluncur dan bernafas serta membawa korban tenggelam di kolam renang selama tiga kali. Pada pertemuan. selanjutnya akan dilanjutkan dengan penerapannya di Sungai Bengawan Solo.

Topografi Kabupaten Bojonegoro menunjukkan bahwa di sepanjang daerah aliran sungai Bengawan Solo merupakan daerah dataran rendah, sedangkan di bagian Selatan merupakan dataran tinggi disepanjang kawasan Gunung Pandan, Kramat dan Gajah. Dari wilayah seluas diatas, sebanyak 40,15 persen merupakan hutan negara, sedangkan yang digunakan untuk sawah tercatat sekitar 32,58 persen. Sebagai daerah yang beriklim tropis, Kabupaten Bojonegoro hanya mengenal dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan.

Untuk memonitor rata-rata curah hujan yang jatuh, di Kabupaten Bojonegoro tersedia sebanyak 22 buah stasion penangkar hujan yang tersebar di 16 kecamatan. Dari pantauan tersebut, tercatat jumlah hari hujan di Kabupaten Bojonegoro pada periode 3 tahun terakhir sejak tahun 2004 tercatat sebesar 60 hari, pada tahun 2005 naik menjadi 64 hari dan pada tahun 2006 turun lagi menjadi 61 hari. Sedangkan rata-rata curah hujan yang dimonitor oleh 16 stasion pengangkar hujan diatas, menunjukkan adanya keterkaitan dengan jumlah hari hujan. Tercatat, rata-rata curah hujan pada tahun 2004 sebanyak 106 mm, tahun 2005 naik sebanyak 146 mm dan pada tahun 2006 turun sebanyak 120 mm.

Sementara itu, untuk menanggulangi kekurangan air untuk keperluan pengairan lahan pertanian di musim kemarau, dilakukan dengan cara menaikkan air dari Sungai Bengawan Solo melalui pompanisasi. Pompanisasi ini tersebar di 8 kecamatan yang meliputi 24 desa.

Batas wilayah

Utara         : berbatasan dengan Kabupaten Tuban

Timur         : berbatasan dengan Kabupaten Lamongan

Selatan      : berbatasan dengan Kabupaten Madiun, Nganjuk dan Jombang
Barat         : berbatasan dengan Kabupaten Ngawi dan Blora (Jawa Tengah)

Letak Geografis

Bujur Timur           : 111º25′ dan 112º09′

Lintang Selatan     : 6º59′ dan 7º37′

Berdasarkan ketinggiannya, daerah di Bojonegoro dapat dikelompokkan menjadi:

Dataran rendah     : 18,71 % ketinggian dibawah 25 m (Pusat Kota +15 m dpl)

Dataran tinggi       : 81,29 % ketinggian 25 m dpl

Berdasarkan tingkat kemiringannya, daerah di Bojonegoro dapat dikelompokkan menjadi:

Kemiringan kurang dari  2 %        = 55,1%

Kemiringan 2 s.d 14,99 %            = 36,16 %

Kemiringan lebih  dari  15 %        = 8,74 %

Berdasarkan Penggunaan tanahnya, daerah di Bojonegoro dapat dikelompokkan menjadi :

1.  Tanah sawah 32,65%

2.  Tanah kering 24,39%

3.  Hutan negara 42,74%

4.  Perkebunan 0,04%

5.  Lain-lain 0,18%

  1. H. METODE PELAKSANAAN PROGRAM

Mengarah pada sasaran utama kegiatan ini adalah Pemuda Karangataruna Desa Banjarsari, maka dalam pelaksanaannya kami akan menggunakan metode pembelajaran yang bertahap seperti berikut :

  1. Observasi medan

Observasi medan yang akan kami lakukan adalah dengan meninjau secara langsung calon tempat pelatihan yang akan digunakan, mengidentifikasi calon tempat pelatihan serta menganalisa kemungkinan-kemungkinan sarana yang bisa digunakan.

  1. Menentukan sasaran pelatihan

Sasaran pelatihan kami adalah karangtaruna Desa Banjarsari yang berjumlah 20 orang dan diutamakan yang sudah bisa berenang dan bertempat tinggal di daerah sekitar Sungai Bengawan Solo. Hal ini bertujuan agar pelatihan bisa berjalan lebih efektif dan tidak memakan waktu yang terlalu lama.

  1. Persiapan alat dan materi yang akan diberikan

Persiapan alat  dan bahan-bahan akan kami berikan kepada sasaran pelatihan akan disesuaikan berdasarkan tempat dan waktu penggunaan.

  1. Diskusi mengenai peristiwa banjir bersama tim karangtaruna pilihan.

Setelah persiapan alat dan peserta sudah  matang, maka langkah pertama yang akan kami lakukan adalah dengan membuat kesepakatan terlebih dahulu terhadap tim karangtaruna dengan cara berdiskusi dan saling tukar pendapat mengenai pelatihan ini dan juga mengenai banjir tahunan yang sering melanda di Desa Banjarsari.

  1. Penyuluhan mengenai renang pertolongan dan evakuasi korban banjir.

Sebelum praktek langsung ke kolam renang ataupun Sungai Bengawan Solo, kami akan terlebih dahulu  memberikan penyuluhan mengenai dasar-dasar renang pertolongan dan evakusasi.

  1. Pelatihan renang pertolongan dan evakuasi korban banjir.

Pelatihan yang sesungguhnya akan kami lakukan secara bertahap, pada pertemuan pertama sampai kedelapan kami akan melakukan pembelajaran mengenai dasar-dasar renang pertolongan dan evakuasi di kolam renang, yakni meliputi latihan gerakan kaki, gerakan tangan, latihan pernafasan, teknik membawa korban, serta teknik pemberian pernafasan buatan untuk korban yang membutuhkan. Selanjutnya setelah semua peserta menguasai teknik renang pertolongan dan evakuasi kami akan melanjutkan pelatihan di Sungai Bengawan Solo dengan menggunakan alat-alat yang telah disiapkan guna menjamin keselamatan dan penguasaan teknik.

  1. Evaluasi hasil pelatihan pelatihan

Setalah kegiatan pelatihan selesei dilaksanakan, kami akan melakukan evaluasi terhadap program kami, meliputi sejauh mana keberhasilan kelompok kami dalam memberikan pelatihan serta menganalisa masalah-masalah yang menghambat pelatihan tersebut.

  1. I. JADWAL KEGIATAN PROGRAM

Kegiatan ini dilakukan dengan jadwal sebagai berikut:

No. Kegiatan Bulan Ke-
1 2 3 4 5 6
1. Identifikasi Kebutuhan xxxx
2. Konsultasi xxxx
3. Perencanaan Kegiatan xxxx xxxx
4. Pelaksanaan kegiatan xxxx
5. Evaluasi xx
6. Pembuatan Laporan xx


  1. J. RANCANGAN BIAYA

a. Bahan habis pakai

Tiket Kolam Renang @ 10.000 X 3 X 25 Orang                : Rp    750.000;

Sabun Mandi @ Rp.1.500 X 25 orang                                : Rp      37.500;

Obat-Obatan                                                                                    : Rp.   100.000;

Air Minum                                                                           : Rp.     50.000;

Rental Komputer 4 bln X  @ Rp.100.000                           : Rp.   400.000;

Akses internet                                                                      : Rp.     20.000;

Penggandaan proposal dan Laporan                                    : Rp.   150.000;

ATK                                                                                     : Rp.   100.000;

Buku Refrensi                                                                      : Rp.   180.000;

Kertas F4 @ Rp. 30.000 x 2 rim                                          : Rp.     60.000;

Rp. 3.847.500

  1. b. Peralatan penunjang PKM

Pelampung Karet 5 buah X @ Rp 30.000                           : Rp    150.000;

Sewa Perahu Karet 2 buah X 4 X @ Rp. 75.000               : Rp.   600.000;

Kaca Mata Renang  10 buah X @ 50.000                           : Rp.   500.000;

Tali Besar                                                                             : Rp.   125.000;

Peluit 5 buah X @ Rp. 20.000                                             : Rp.   100.000;

Bolpoin 20 buah x @ Rp. 1.500                                          : Rp.     30.000;

Buku tulis 20 buah X @ Rp 3.500                                      : Rp.     70.000;

Rp. 1.475.000

  1. c. Akomodasi

Transportasi Peserta, 20 orang x @ Rp. 10.000                   : Rp.   200.000;

Konsumsi Peserta 20 x 8 x @ Rp.5000                              : Rp    800.000;

Transportasi Tim, 5 orang x  4 (2 kali PP) x @ Rp. 40.000: Rp.   800.000;

Penginapan Tim, 5 orang x 8 Hari x @ Rp. 25.000             : Rp 1.000.000;

Konsumsi Tim 5 orang x 3 x 8 x @ Rp.5000                      : Rp    600.000;

Komunikasi Tim                                                                   : Rp    200.000;

Rp.  3.600.000

  1. d. Lain-lain

Spanduk  3 m x 1 m x Rp,40.000                                        : Rp.  120.000;

Dokumentasi                                                                        : Rp   100.000;

Kaos peserta @ Rp. 25.000 X 20 orang                              : Rp.  500.000;

Kaos tim @ Rp. 35.000 X 5 orang                                      : Rp.  175.000;+

Rp. 895.000

JUMLAH            Rp 9.917.500,-


DAFTAR PUSTAKA

–  Kondisi Geografis Kabupaten Bojonegoro yang diakses pada website http://www.bojonegorokab.go.id/ tanggal 15 Agustus 2009

–  Banjir Terbesar sejak 1982 yang diakses dari website http://www.surya.co.id/2009/02/27/banjir-terbesar-sejak-1982-20000-rumah-terendam-lagi.html tanggal 15 Agustus 2009

–  Bengawan Solo Mengluap, Jaten-Jatim Banjir yang diakses dari website http://www.jatimprov.go.id/dbfile/bmg/20080519121943_laporan_kejadian_bencana_desember_dinsos_2004_jatim.pdf tanggal 15 Agustus 2009

–  Pengungsi Mulai Terserang Penyakit diakses dari website http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=69314 tanggal 15 Agustus 2009

–  Korban Banjir diakses dari website http://beritasore.com/2009/03/02/tim-nasional-tinjau-bencana-banjir-di-jatim-korban-tercatat-17706-kk/ Tanggal 20 Agustus 2009.

–  Tips Menghadapi Banjir dari website http://www.ppk-depkes.org/index.php?option=com_content&view=section&layout=blog&id=14&Itemid=81 Tanggal 20 Agustus 2009.

–  Haller David, Belajar Berenang, pionir jaya, Bandung,1982.

LAMPIRAN

DAFTAR RIWAYAT HIDUP PELAKSANA KEGIATAN

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

  1. Nama Lengkap                                    : Muchamad Arif Al Ardha
  2. NIM                                                    : 086464241
  3. Tempat tanggal lahir                           : Lumajang, 9 Januari 1990
  4. Jenis Kelamin                                      : Laki-laki
  5. Fakultas/Program Studi                      : Ilmu Keolahragaan/

S1Pendidikan Olahraga

  1. Kedudukan dalam tim PKM              : Ketua Pelaksana
  2. Alamat Rumah                                    : RT/RW.006/002  Desa Kresikan,

Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

  1. Alamat di Surabaya                            : Lidahwetan Gang 6 No.20

Lakarsantri, Surabaya Barat

  1. No Telp/HP                                         : 085735087890 / 085235477717

10.  Alamat Email                                      : muchamadarifalardha@yahoo.com

11.  Alamat Facebook                                : muchamadarifalardha@yahoo.com

12.  Alamat Friendster                               : mario_gonzales9999@yahoo.com

13.  Alamat Web                                        : ardhasport.wordpress.com

14.  Riwayat Pendidikan

SD                               : SDN V KRESIKAN                        (1996-2002)

SMP                            : SMPN I TULUNGAGUNG            (2003-2005)

SMA                           : SMAN I BOYOLANGU                 (2006-2008)

Perguruan Tinggi: UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA (2008-………)

Surabaya,  7 September 2009

MUCHAMAD ARIF AL ARDHA

No. Reg. 086464241


DAFTAR RIWAYAT HIDUP PELAKSANA KEGIATAN

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1. Nama Lengkap                                      : Henny Melita Permatasari

2. NIM                                                      : 086474024

3.Tempat tanggal lahir                              : Gresik, 17 Januari 1990

4.Jenis Kelamin                                         : Perempuan

5.Fakultas/Program Studi                                     : Ilmu Keolahragaan/

S1Pendidikan Kepelatihan Olahraga

6.Kedudukan dalam tim PKM                 : Anggota

7.Alamat Rumah                                       : Perum GKGA Blok Q/18 Gresik

8.Alamat di Surabaya                               : Lidahwetan Gang 3c No.102

Lakarsantri, Surabaya Barat

9.No Telp/HP                                            : 0313976923/085648161006

10.Alamat Email                                       : hennymelita@gmail.com

11.Alamat Facebook                                 : hennymelita@gmail.com

12.Alamat Friendster                                : –

13.Alamat Web                                         : –

14.Riwayat Pendidikan

SD                   : SDN PETROKIMIA GRESIK                    (1996-2002)

SMP                : SMPN I GRESIK                                         (2003-2005)

SMA               : SMAN I GRESIK                                        (2006-2008)

Perguruan Tinggi: UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA            (2008-………)

Surabaya, 7  September 2009

HENNY MELITA PERMATASARI

No. Reg. 086474024

DAFTAR RIWAYAT HIDUP PELAKSANA KEGIATAN

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1.  Nama Lengkap                                     : Wahyu Surahman

2.  NIM                                                     : 086464076

3.  Tempat tanggal lahir                            : Lamongan, 17 Juli 1989

4.  Jenis Kelamin                                       : Laki-laki

5.  Fakultas/Program Studi                       : Ilmu Keolahragaan/

S1Pendidikan Olahraga

6.  Kedudukan dalam tim PKM               : Anggota

7.  Alamat Rumah                                     : Ds. Candisari, Kec. Sambeng,

Kab. Lamongan

8.  Alamat di Surabaya                             : Babatan Gang 3e No.6

Wiyung, Surabaya Barat

9.  No Telp/HP                                          : 08563422783

10.Alamat Email                                       : –

11.Alamat Facebook                                 : –

12.Alamat Friendster                                : –

13.Alamat Web                                         : –

14.Riwayat Pendidikan

SD                               : SDN CANDISARI 1                       (1996-2002)

SMP                            : SMPN I SAMBENG                                    (2003-2005)

SMA                           : SMAN I MANTUP                          (2006-2008)

Perguruan Tinggi: UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA            (2008-………)

Surabaya,  7  September 2009

WAHYU SURAHMAN

No. Reg. 086464076

DAFTAR RIWAYAT HIDUP PELAKSANA KEGIATAN

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1.  Nama Lengkap                                     : Ni Made Gitalia

2.  NIM                                                     : 066474080

3.  Tempat tanggal lahir                            : Surabaya, 22 Desember 1988

4.  Jenis Kelamin                                       : Perempuan

5.  Fakultas/Program Studi                       : Ilmu Keolahragaan/

S1 Pendidikan Kepelatiahan

Olahraga

6.  Kedudukan dalam tim PKM               : Anggota

7.  Alamat Rumah                                     : Jl. Tempurejo no. 33 Surabaya

8.  Alamat di Surabaya                             : Jl. Lidah Wetan Gang 1 no 35b

Lakarsantri, Surabaya Barat

9.  No Telp/HP                                          : 031-3810098

10. Alamat Email                                      : bebz_gita@yahoo.com

11. Alamat Facebook                                : –

12. Alamat Friendster                               : –

13. Alamat Web                                        : –

14. Riwayat Pendidikan

SD                               : SDN KALISARI 1                          (1994-2000)

SMP                            : SMPN I8 SURABAYA                   (2001-2003)

SMA                           : SMAN 3 SURABYA                       (2004-2006)

Perguruan Tinggi: UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA            (2006-………)

Surabaya, 7 September 2009

NI MADE GITALIA

No. Reg. 066474080

DAFTAR RIWAYAT HIDUP PELAKSANA KEGIATAN

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1.  Nama Lengkap                                     : Fathul Bari

2.  NIM                                                     : 086464062

3.  Tempat tanggal lahir                            : Situbondo, 19 Agustus 1989

4.  Jenis Kelamin                                       : Lak-laki

5.  Fakultas/Program Studi                       : Ilmu Keolahragaan/

S1 Pendidikan  Olahraga

6.  Kedudukan dalam tim PKM               : Anggota

7.  Alamat Rumah                                     : Jalan Madura 47, Situbondo

8.  Alamat di Surabaya                             : Lidah Wetan Gg I RT 3 / RW 2

Lakarsantri, Surabaya Barat

9.  No Telp/HP                                          : 085258654080

10. Alamat Email                                      : barayang_46@yahoo.co.id

11. Alamat Facebook                                : bari_intan@yahoo.co.id

12. Alamat Friendster                               : barayang_46@yahoo.co.id

13. Alamat Web                                        : –

14. Riwayat Pendidikan

SD                               : SDN  1 MIMBAAN                         (1996-2002)

SMP                            : SMPN 1 SITUBONDO                   (2003-2005)

SMA                           : SMAN 1 SITUBONDO                   (2006-2008)

Perguruan Tinggi: UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA            (2008-………)

Surabaya, 7  September 2009

FATHUL BARI

No. Reg. 086464062

DAFTAR RIWAYAT HIDUP PELAKSANA KEGIATAN

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1. Nama                                   : Made Pramono, S.S, M.Hum

2. Tempat, Tanggal lahir         : Surabaya, 5 Desember 1974

3. NIP                                     : 19741205 199903 1 001

4. Pangkat/Golongan              : Penata / IIIC

5. Jabatan Fungsional              : Lektor

6. Prodi/Jur. /Fak./Univ           : IKOR / FIK / UNESA.

7. Alamat Kampus                  : Kampus Unesa Lidah Wetan FIK, Lantai 1 gedung U3

8. Alamat Rumah                    : Perum TAS 3 Blok N6-No.46 Tulangan Sidoarjo

9. No. Telp/HP.                       : 03172004767

10. Email                                 : Job.unesa@gmail.com

12. Riwayat  Pendidikan:

– Program Sarjana Filsafat UGM

– Program Pasca Sarjana Filsafat UGM

Mata Kuliah Yang Diasuh :

  1. Filsafat Ilmu
  2. Filsafat Ilmu Keolahragaan
  3. ISBD
  4. Sosiologi Olahraga
  5. Jurnalistik Olahraga

Surabaya,  7 September 2009

Made Pramono, S.S, M.Hum

NIP. 19741205 199903 1 001

LAMPIRAN

LAMPIRAN

LAMPIRAN

DENAH LOKASI PELATIHAN

Desa                : Banjarsari

Kecamatan      : Trucuk

Kabupaten       : Bojonegoro

Provinsi           : Jawa Timur

Gambar

Peta Kabupaten Bojonegoro dan Desa Banjarsari

Negara             : Indonesia

Gambar 1

Kantor Kepala Desa Banjarsari

Gambar 2

Sungai Bengawan Solo

Gambar 3

Bengawan Solo di Musim Kemarau

Gambar 4

Kolam Renang Taman Tirta

man Judul……………………………………………………………………i

Lembar Pengasahan…………………………………………………………………………………..ii

Kata Pengantar ……………………………………………………………………iii

Daftar Isi …………..………………………………………………………………iv

A .       Judul Program…………………………………………………………..1

B.        Latar Belakang Masalah………………………………………………..1

C.        Perumusan Masalah…………………………………………………….3

D.        Tujuan Program…………………………………………………………4

E.        Luaran Yang Diharapkan………………………………………………4

F.         Kegunaan Program……………………………………..………………..4

G.        Gambaran Umum Masyarakat Sasaran……………………….………5

H.        Metode Pelaksanaan Program………………………………………….8

I.          Jadwal Kegiatan Program……………………………………………….9

J.         Rencangan Biaya……………………………………………………….10

K.        Daftar Pustaka………………………………………………………….11

L.        Lampiran………………………………………………………………..12

1.) Biodata ketua dan anggota kelompok…………………………………12

2.) Biodata dosen pendamping…………………………………………….17

3.) Surat pernyataan bekarjasama dari Kepala Desa Banjarsari……………..18

4.) Surat pernyataan bekarjasama dari pihak kolam renang taman tirta….19

5.) Denah lokasi pelatihan………………………………………………………………..20

6.) Foto – foto…………………………………………………………………………………21

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s